Senin, 26 Januari 2009

waspadai perut buncit

Tips Sehat ala Sinshe Aleng
HATI-HATI dengan perut besar yang tidak proporsional alias buncit. Apalagi jika disertai dengan sesak napas, sering sendawa, pegal-pegal di punggung hingga kepala pusing. Itu gejala asam lambung tinggi atau maag. Gejala ini semakin tampak saat penderita merasakan perut seperti diremas dan melilit.
Banyak cara untuk mencegah, mengobati atau terapi demi terhindar dari penyakit asam lambung.
Pencegahan yang paling jitu tentu dengan olah raga, istirahat dan makan minum teratur. Tapi bagaimana bila perut terlanjur membesar, napas ngos-ngosan dan tenaga kurang. Selain pengobatan melalui medis ada juga dengan terapi sinshe atau pengobatan tradisional Tiongkok yang sudah dikenal sejak lama.
Aleng, seorang sinshe yang sudah lama berpraktek mempunyai tips agar terhindar dari perut buncit atau mengecilkannya. Dia menawarkan sebuah ramuan Xian Wi Fong dari Tiongkok. Ramuan ini bisa untuk mengecilkan perut buncit, menyembuhkan maag, asam lambung maupun sesak nafas alias bengek.
“Xian berarti kembar, Wi atau lambung dan Fong semakna dengan angin,” ujar sinshe Aleng.
Maag disebabkan oleh berbagai faktor. Keluhan yang timbul terjadi karena peningkatan asam lambung yang berlebihan. Hal ini disebabkan oleh makanan dan minuman tertentu, misalnya asam, pedas , minum kopi atau alkohol. Sering terlambat makan atau tidak teratur juga dapat menjadi penyebab munculnya sakit maag fungsional.
Selain itu stres fisik dan psikis juga dapat merangsang produksi asam lambung berlebih sehingga maag jadi kambuh. Asam lambung tinggi mengakibatkan cairan empedu di usus dua belas jari naik ke lambung bahkan sampai di kerongkongan. Jika ini terjadi, artinya ada kerusakan dinding dalam lambung.
Mobilitas atau pergerakan lambung juga faktor penyebab gangguan maag fungsional. Lambung yang kosong karena lambat makan semakin membuat si penderita merasakan melilit dan nyeri yang akut. Untuk mengatasinya, sinshe Aleng menganjurkan minum air putih dicampuri minyak Brajamusti untuk membersihkan lambung terlebih dulu. Hal itu bisa dilakukan setelah tensi darah diperiksa.
Orang yang maag atau asam lambung akan segera muntah mengeluarkan gumpalan racun hitam (perokok) dan sebagainya. Setelah perut bersih baru minum ramuan Xian Wi Fong yang telah disedu air panas. Sinshe sering menangani orang berperut besar tapi badan kurus atau maag akut. “Ya kita berusaha maksimal, insyaallah seminggu sembuh,” katanya.
Orang yang sudah maag akut, badan semakin kurus. “Xian Wi Fong cocok untuk asam lambung, maag atau sesak napas. Ramuan ini sejak lama dipakai di Tiongkok dan terbukti manjur. Asal telaten menjalani terapi niscaya penyakit tersebut lekas pergi,” kata sinshe Aleng.
Ada beberapa jenis makanan minuman yang harus dihindari bagi penderita asam lambung. Antara lain makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, seperti sawi atau kol. Buah-buahan tertentu seperti nangka, pisang ambon, kedondong atau buah yang dikeringkan. Minuman kaleng yang mengandung gas atau bersoda.
Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung tinggi misalnya kopi, alkohol 5-20%, anggur putih, sari buah sitrus dan susu. Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Hal ini memicu peningkatan peregangan di lambung yang ujung-ujungnya meningkatkan asam lambung juga.
Jenis makanan yang secara langsung merusak dinding lambung yaitu cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang. Atau yang melemahkan kelep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan. Termasuk dalam hal ini merokok atau makan permen karet bisa memicu asam lambung

Tidak ada komentar: